Home » , , » WAHDAH BARANTI SOSIALISASIKAN BEKAM MELALUI PELATIHAN

WAHDAH BARANTI SOSIALISASIKAN BEKAM MELALUI PELATIHAN

Written By Arwandy Mu'min on Senin, 09 November 2015 | 05.44


Dalam rangka memasyarakatkan pengobatan melalui bekam (hijamah), Dewan Pimpian Cabang (DPC) Wahdah Islamiyah (WI) Baranti, Sidrap Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Bekam Dasar pada hari Ahad (08/11). “Melalui kegiatan ini kita dapat menghidupkan dan memperkenalkan salah sunnah Rasullah dalam pengobatan yang sudah dilupakan oleh sebagian masyarakat”, ujar Ketua Dewaan Pimpinan Daerah (DPD) WI Sidrap Ustad Lukman Ambo Tuwo, Lc. “Kita mengharapkan dengan kegiatan ini pengobatan bekam bisa tersebar dan dikenal luas oleh masyarakat”, imbuhnya.
Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini Praktisi Bekam dan Akupuntur. Dr. Ihsan Jaya, R.Ac. Dalam pengantarnya dokter Ihsan menjelaskan sekilas dalil-dalil tentang bekam dan tatacara bekam secara teroritis serta sejarah bekam yang kemudian dilanjutkan dengan demo bekam oleh pemateri dengan membekam salah satu  peserta. Diantara dalil berbekam yang dikutip oleh Pengajar Institut Thibbun Nabawi  (INTI) Yogyakarta tersebut adalah hadits Nabi yang mengatakan, “Jika ada tiga hal yang di dalamnya terdapat kesembuhan maka hal itu adalah sayatan (alat) bekam atau madu, atau kay yang dikenakan pada yang sakit. Namun aku membenci terapi kay dan tidak menyukainya”.

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan ini. Setiap sesi materi tidak kurang dari lima peserta bertanya dan berdiskusi dengan pemateri. “Alhamdulillah, ilmu  tentang bekam bertambah, sayang sekali waktunya sempit  sehingga peserta tidak sempat praktik langsung”, ujar salah satu peserta Hardriyanto Dafri. (Lap: Ar/Ed:Sym)

Sumber: wahdah.or.id

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Departemen Infokom Wahdah Islamiyah Sidrap
Jln. Musang No. 2 Pangkajene. Sidrap-SulSel
Telp. 0421-7010666
Copyright © 2013. Wahdah Islamiyah Sidrap - All Rights Reserved

Admin : @mukm_in