Home » , , , , , , » Supaya Tidak Kehausan, Minum Air Banyak Saat Sahur, Tepatkah?

Supaya Tidak Kehausan, Minum Air Banyak Saat Sahur, Tepatkah?

Written By Wahdah Islamiyah Sidrap on Senin, 07 Juli 2014 | 17.59

WAHDAHSIDRAP.COM - Kebanyakan orang beranggapan bahwa untuk menghindari kehausan saat berpuasa, harus banyak minum saat sahur. Ternyata anggapan ini salah. Solusi yang tepat adalah minum yang cukup dan menghindari makanan yang menyebabkan keharusan.

Dr. Ahmad Mahmud Al-‘Amir, seorang dokter spesialis penyakit dalam di Saudi Arabia, mengatakan, “Minum air yang banyak di saat sahur Angara tidak haus di siang hari adalah sebuah anggapan yang salah. Karena kalau minum banyak, berarti ada kelebihan air. Ginjal akan segera mengolahnya beberapa saat setelah minum. Lalu akan segera membuangnya.”

Menurutnya, solusi agar tidak kehausan saat berpuasa adalah meninggalkan makanan yang merangsang kehausan. Misalnya tidak memakan makanan yang banyak mengandung bumbu, mengurangi kadar garam dalam makanan, dan tidak menggunakan cuka.

Hal yang akan sangat membantu adalah minum air sedikit demi sedikit di malam harinya, ditambah dengan buah-buahan dan sayuran karena mengandung banyak serat dan air. Serat dan air akan tetap bertahan di usus sehingga akan mengurangi rasa haus dan lapar.

Dr. Al-‘Amir juga memperingatkan agar tidak mengkonsumsi minuman bergas dan jus kemasan yang mengandung bahan tidak alami dan pewarna. Jenis minuman ini akan mempengaruhi kerja pencernaan.
Hal yang sama juga berlaku pada minuman dingin (es) yang sering diminum saat berbuka. Sebaiknya minuman ini dihindari. Minum saat berbuka hendaknya juga dilakukan pelan-pelan dan sedikit-sedikit. (msa/dakwatuna/sabq)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Departemen Infokom Wahdah Islamiyah Sidrap
Jln. Musang No. 2 Pangkajene. Sidrap-SulSel
Telp. 0421-7010666
Copyright © 2013. Wahdah Islamiyah Sidrap - All Rights Reserved

Admin : @mukm_in