Home » , , » Ramadhan bulan Bertaubat

Ramadhan bulan Bertaubat

Written By Wahdah Islamiyah Sidrap on Selasa, 08 Juli 2014 | 23.42

Pada bulan Ramadhan, para hamba Allah kembali kepda Rabb mereka. Mereka meninggalkan dosa-dosa. Hal ini disebabkan oleh dua hal:

Pertama: Kepemurahan dan kepemaafan Allah terhadap hambaNya pada bulan yang mulia ini. Sampai-sampai disebutkan dalam hadits shahih bahwa setiap malam ada yang dibebaskan dari neraka (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Kedua: Karena para setan dibelenggu dan dirantai jika datang Ramadhan. Pintu-pintu neraka ditutu, pintu surga dibuka, sehingga para hamba Allah dekat dengan Rabb mereka. Ibadah menjadi mudah dikerjakan.
Bulan Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi seorang hamba Allah untuk bertaubat. Kalau dia tidak bertaubat pada bulan ini, kapan lagi dia akan bertaubat?

Taubat memiliki enam syarat yang harus dipenuhi agar menjadi taubat yang benar dan tulus, kita sebutkan secara ringkas.

1. Ikhlas kepada Allah Ta’ala. Dimana taubat tersebut dilakukan semata-mata karena mengharapkan wajah Allah, tidak boleh dicampuri oleh maksud (kepentingan) duniawi.
2. Taubat tesebut dilakukan pada waktu yang memungkinkan untuk dikabulkannya taubat, yaitu sebelum matahari terbit dari arah barat dan sebelum nyawa sampai di kerongkongan, karena Allah akan menerima taubat seorang hamba selama dia belum ghar-ghaah (sekarat).
3. Meninggalkan dosa, dan tidak benar jika seorang hamba mengaku bertaubat tetapi ia tetap dalam kemaksiatannya.
4. Menyesali dosa yang telah lalu. Betapa banyak orang yang bertaubat hatinya tidak menyesal sama sekali. Oleh sebab itu ada hadits shahih dari nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Sesal itu adalah taubat.”(HR Ibnu Majah dan Hakim).
5. Ber’azam (tekad) untuk tidak mengulangi dosa.
6. Jika suatu dosa berhubungan dengan hak makhluk maka wajib mengembalikan hak tersebut kepada pemiliknya, meminta kehalalan dari mereka, berupa harta atau kehormatan atau yang lainnya.

Sumber: wahdah.or.id
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Departemen Infokom Wahdah Islamiyah Sidrap
Jln. Musang No. 2 Pangkajene. Sidrap-SulSel
Telp. 0421-7010666
Copyright © 2013. Wahdah Islamiyah Sidrap - All Rights Reserved

Admin : @mukm_in