Home » , , , , , , , » Syaikh Khalid bin Utsman As Sabt: Kalian di Atas Jalan yang Benar

Syaikh Khalid bin Utsman As Sabt: Kalian di Atas Jalan yang Benar

Written By Admin on Sabtu, 29 Maret 2014 | 06.28

WAHDAHSIDRAP.COM - Salah seorang ulama besar asal Saudi Arabia kembali berkunjung ke Makassar. Beliau adalah Syaikh Dr. Khalid bin Utsman as-Sabt—hafizhahullah, salah seorang ulama yang menjadi referensi para ulama dan dai di Saudi bagian timur, tepatnya di Dammam. Syaikh adalah penulis salah satu buku fenomenal dalam bidang ilmu tafsir, Qawaid at-Tafsir yang merupakan disertasi doktor beliau.

Salah satu agenda utama Syaikh selama di Makassar adalah menjadi pemateri dalam daurah syar’iyah yang dikoordinir oleh DPP Wahdah Islamiyah. Daurah yang berlangsung selama dua hari di lantai empat gedung LAN Antang ini dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. Sebagai pesertanya adalah seluruh dosen dan alumni STIBA Makassar.

Syaikh Khalid as-Sabt—hafizhahullah—di awal daurah mengungkapkan perasaan gembira ketika berkumpul dengan para asatidzah. “Saya ingin memberikan kabar gembira bagi Antum sekalian. Antum berada di atas jalan yang benar. Antum di atas kebaikan. Antum berkumpul dalam nuansa ilmu dan mengikuti sunnah dengan i’tiqad yang benar, dakwah di jalan Allah.”
Beliau juga menyampaikan perasaan takjub ketika di pagi hari, dari hotel tempat beliau menginap tak jauh dari Pantai Losari, Syaikh menyaksikan sekumpulan muslimah yang hampir seluruhnya berhijab, bahkan sebagian menutup wajah dengan cadar. Semua ini menurut beliau adalah dampak positif dari geliat dakwah di kota ini. “Lanjutkan, kalian di atas jalan yang benar,” ujar Syaikh memotivasi peserta daurah.

“Saya tahu bahwa Antum adalah lulusan-lulusan ilmu syar’i, dan saya tahu bahwa kalian mengagendakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengumpulkan kalian dalam menuntut ilmu. Tapi di sisi lain saya juga tahu bahwa kalian menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk kegiatan-kegiatan dakwah dan agenda-agenda berberkah lainnya. Semua ini adalah kebaikan. Dalam hal apa pun kalian beraktivitas, aktivitas itu adalah ibadah,” ungkap Syaikh.

Syaikh juga menjelaskan bahwa ada golongan manusia yang dianugrahi ilmu, ia menghabiskan siang dan malamnya untuk mendapatkan ilmu, tapi orang terdekatnya sekalipun tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari ilmunya itu. Bahkan bisa jadi, ia sendiri tidak mengambil manfaat dari ilmunya itu. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memohon perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat. [sq]

Situs resmi Syaikh Khalid as-Sabt: http://www.khaledalsabt.com/
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Departemen Infokom Wahdah Islamiyah Sidrap
Jln. Musang No. 2 Pangkajene. Sidrap-SulSel
Telp. 0421-7010666
Copyright © 2013. Wahdah Islamiyah Sidrap - All Rights Reserved

Admin : @mukm_in