Home » , , , , , » Dubes Arab Saudi: LIPIA Akan Buka Cabang di Makassar, Medan dan Surabaya

Dubes Arab Saudi: LIPIA Akan Buka Cabang di Makassar, Medan dan Surabaya

Written By Wahdah Islamiyah Sidrap on Kamis, 25 April 2013 | 13.25

Arab Saudi adalah Negara yang memiliki kepedulian besar terhadap pendidikan Islam. Telah banyak dari anak bangsa mendapatkan kesempatan menuntut ilmu ditanah Haramain dari program beasiswa kerajaan kaya minyak tersebut.
Hubungan bilateral antara Arab Saudi dengan Indonesia pun diutamakan kerja sama dalam bidang pendidikan. Hal ini dikatakan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak.


"Semua bidang untuk pengembangan hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia memang penting, mulai dari hubungan agama, politik, dan ekonomi. Namun, pemerintah Arab Saudi akan lebih berkonsentrasi pada bidang pendidikan," katanya, di Solo, Rabu (24/4), seperti dikutip Antara.
Dubes Mustafa mengatakan hal tersebut pada kuliah umum dengan tajuk "Pengembangan Hubungan Bilateral dalam Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia dengan Arab Saudi" di Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah.
Ia mengatakan pemerintah Arab Saudi mengadakan nota kesepahaman dengan perguruan tinggi di Indonesia. Perjanjian yang dilakukan oleh kedua negara itu, akan membuka luas kerja sama antaruniversitas di dua negara.

Arab Saudi, katanya, saat ini menyediakan beasiswa yang bisa diakses oleh warga Indonesia untuk bisa berkuliah di negara itu.
Ia mengatakan setiap tahun terdapat beasiswa untuk 210 orang Indonesia yang berkuliah di Arab Saudi.
Selain itu, katanya, masih ada beasiswa sekitar 250 orang untuk jurusan di luar Bahasa Arab, Studi Islam, dan Kedokteran.

"Beasiswa ini bisa diterima untuk universitas yang ada di Arab seperti King Abdul Aziz, Ummul Qura, dan El-Qasim," ujarnya.
Selain pertukaran mahasiswa, katanya, kerja sama bilateral pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi dalam hal perguruan tinggi, juga ada pertukaran dosen.
Bahkan, lanjut Mustafa, Arab Saudi juga membuka LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab)  di Jakarta. Lebih dari 1.200 orang Indonesia yang belajar di tempat itu.
Di lembaga yang beralamat di jalan Buncit raya No. 5A Jakarta Selatan itu, ujarnya, orang Indonesia bisa mendapatkan pelatihan kursus bahasa Arab.  Dan dalam waktu dekat Arab Saudi akan membuat cabang LIPIA di Kota Makassar, Medan, dan Surabaya.
"Ini semua adalah langkah untuk mendukung pendidikan," paparnya.

LIPIA adalah sebuah kampus cabang dari Universitas Islam Muhammad bin Saud di Riyadh. Berdiri di Jakarta pada tahun 1980. Saat ini terdapat beberapa jurusan, yaitu: I’dad Lughowi, Takmili, Diploma Ekonomi Islam dan Fakultas Syari’ah. Bahasa pengantar perkuliahan adalah menggunakan bahasa Arab dengan mendatangkan lebih dari 90 % dosen dari Timur Tengah, baik dari Arab Saudi, Mesir, Suriah dan Sudan. Selain bebas biaya kuliah, setiap mahasiswa  disini mendapatkan uang saku sebesar Rp. 500 ribu setiap bulannya. (bms)

http://www.gemaislam.com
Ibnu Mu'min
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Departemen Infokom Wahdah Islamiyah Sidrap
Jln. Musang No. 2 Pangkajene. Sidrap-SulSel
Telp. 0421-7010666
Copyright © 2013. Wahdah Islamiyah Sidrap - All Rights Reserved

Admin : @mukm_in